Jumat, 02 Juli 2021

KOMUNIKASI PENYULUHAN

Sebagai seorang penyuluh pertanian didalam melakasanakan tugas tentunya memerlukan keterampilan berkomunikasi dengan petani yang didampingi. Kemampuan berkomunikasi seorang penyuluh pertanian menjadi salah satu faktor keberhasilan dalam menyuluh. Untuk itu seorang penyuluh pertanian perlu mempelajari bagaimana seni berkomukasi tersebut. 

Komunikasi adalah proses dimana suatu di dialirkan dari sumber kepada satu penerima atau lebih, dengan maksud untuk mengubah tingkah laku mereka (Rogers, 1986).


Proses komunikasi dalam penyuluhan pertanian untuk menarik perasaan, meyakinkan dan memotivasi agar bertindak dan berubah.

Proses sempurna apabila ada pertautan minat dan kepentingan (overlaping of interest) antara sumber dan penerima berdasar persamaan kerangka referensi (frame refence) : pendidikan, pengetahuan, latar belakang, pengalaman, kepentingan, budaya, bahasa dan sebagainya.

Penyuluh sebagai sumber perlu mengolah dan menyampaikan pesan dalam bahasa yang dimengerti petani sesuai dengan tingkat pengetahuan, pengalaman, orientasi, latar belakang budata (pengenalan karakter individu, sosial dan budaya) 

Prinsip - prinsip dalam teknik komunikasi :

  1. Menarik perhatian
  2. Menggugah hati
  3. Membangkitkan keinginan
  4. Meyakinkan 
  5. Menggerakan usaha
Berikut ini trik berbicara :
  1. Tarik nafas dalam - dalam
  2. Mengatur volume berbicara agar lebih jelas
  3. Menggunakan kata - kata sehari - hari
  4. Lepaskan pandangan ke kiri, kanan dan tengah
Teknik meningkatkan efektifitas berbicara verbal:
  1. Percaya diri
  2. Kata-kata jelas dan perlahan
  3. Bicara yang wajar
  4. Atur irama dan tekanan suara
  5. Menarik nafas dalam - dalam
  6. Hindari sindrum (exp: eh...,  anu...)
  7. Baca paragraf yang penting
  8. Siapkan air minum
Hal - hal yang menarik yang dapat mempengaruhi pembicaraan:
  1. Pakaian 
  2. Pandangan mata
  3. Air muka
  4. Sikap badan
  5. Suara
  6. Tulisan
  7. Senyum
  8. Berjabat tangan
  9. Berpikir, bertindak dan selalu senang
  10. Ingat nama
  11. Tunjukan daya tarik yang tulus
Hal - hal menarik yang dapat mendukung komunikasi yaitu:
  1. Menggunakan deskripsi
  2. Orientasi pemecahan masalah
  3. Spontanitas dan jujur
  4. Memberikan empati
  5. Yang mereka rasakan sama dengan kita rasakan
Ciri - ciri komunikasi yang efektif adalah:
  1. Langsung (to the point, tidak ragu menyampaikan)
  2. Asertif (tidak takut mengatakan apa yang diinginkan)
  3. Congenial (ramah dan bersahabat)
  4. Jelas (hal yang disampaikan mudah dipahami)
  5. Terbuka (tidak ada pesan dan makna yang tersembunyi)
  6. Secara lisan (menggunakan kata-kata untuk meyampaikan gagasan dengan jelas)
  7. Dua arah (seimbang antara berbicara dan mendengarkan)
  8. Responsif (memperhatikan keperluah dan pandangan orang lain)
  9. Nyambung (menginterprestasikan pesan dan kebutuhan orang lain dengan tepat)
  10. Jujur (mengungkapkan gagasan, perasaan dan kebutuhan yang sesungguhnya)
 Sumber: R.Hernawan, SP, MP (STPP Yogyakarta)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar